DENOSUMAB

A.    Aplikasi Stem Sel (Stem Sel untuk terapi Retinis Pigmentosa)
   Retinis Pigmentosa adalah gangguan retina yang ditandai oleh hilangnya fotoreseptor secara progresif dan akhirnya menyebabkan degenerasi retina dan atrofi.
§  Cara produksi
   Stem sel yang digunakan yaitu stem sel mesenchymal dari sumsum tulang belakang yang bersifat multipoten.Stem sel ini kemudian ditransplantasikan pada pasien yang menderita Retinis Pigmentosa.
§  Mekanisme Aksi
1.      Penggantian sel, dimana sel yang rusak di ganti oleh stem sel,Sehingga meningkatkan kelangsungan hidup sel-sel sekitarnya dengan mensekresikan faktor-faktor trofik.
2.      Perlindungan pembuluh darah retina dan  kerucut dengan meningkatkan gen antiapoptotik serta pembentukan koneksi sinaptik dengan retinopati yang efektif meningkatkan fungsi visual.
B.     Aplikasi mAb ( Denosumab )
§  Cara produksi
1.      Imunisasi tikus dengan antigen tertentu untuk menghasilkan antibodi, Kemudian limpa tikus diambil dan dibuat suspensi termasuk sel B yang mengandung antibodi terhadap antigen yang disuntikan.
2.      Fusi sel limpa dengan sel mieloma.Dilanjutkan seleksi sel dengan membiakan sel dalam media selektif,dimana hanya sel hibrid saja yang dapat tumbuh.Sel hibrid membentuk suatu klon yang disebut hibridoma yang selnya bersifat abadi dan tidak ada HGPRT
3.      Hibridoma yang menghasilkan antibodi dites dengan supernatant lalu dipisahkan dan diperbanyak untuk menghasilkan antibodi monoklonal yang spesifik.
§  Mekanisme Aksi



  Denosumab adalah immunoglobulin IgG2 dan termasuk antibodi monoklonal  fully human,yang bekerja spesifik terhadap human RANKL. Dengan berikatan dengan RANKL,denosumab menghambat ikatan antara RANKL dan RANK,maka menghalangi kerja dan fungsi osteoclast,sehingga mengurangi osteoporosis dan menggangu pengeroposan tulang oleh kanker yang menyebar hingga ke tulang.



Daftar Pustaka
Acharya,S., Shukla,S., Mahajan, SN.,dan Diwan, SK.,2011. Review: The charisma of “Magic Bullets”– Monoclonal antibodies (mAB/moAB) in clinical medicine, Indian Academy of Clinical Medicine, 12(4),283-289.
Baron, R.,Ferrari,S.,dan Russell, G.G.R.,2011. Review: Denosumab and bisphosphonates:  Different mechanisms of action and effects,Elsevier.,677–692.
He,Y.,Zhang,Y.,Liu,X.,Ghazaryan E.,Li Y.,Xie J.,dan Su G.,2014.Recent Advances Of Stem Cell Therapy for Retinitis Pigmentosa, International Journal Of Molecular Sciences,15,14456-14474.




 

.

Comments

Popular Posts